Design rumah kost-kostan. Pertimbangan utama bagi investor adalah lokasi yang strategis. Itu sebabnya Anda tidak asing memandang tulisan: ‘Terima Kost Wanita’, ‘Disewakan untuk Kost Pria’ di lokasi kira-kira kampus atau pusat niaga.

Bagi pengguna, lokasi bukan hanya satu pertimbangan. Apa kembali kalau ada banyak pilihan. Kenyamanan, kelengkapan fasilitas, ketenangan mampu jadi pertimbangan yang menentukan. Karena itu desain rumah kost premium bandung yang cocok type hidup pengguna jadi hal utama, sehabis lokasi.

Kalau Anda memperhitungkan bersama cermat kedua hal itu usaha kost-kostan jadi investasi jangka panjang yang menarik. Selain keuntungan jangka panjang dikarenakan naiknya nilai tanah, cash flow bulanan Anda pun terjamin.

Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan apabila Anda idamkan membangun hunian kost-kostan.

Standard Kenyamanan

Apakah kalangan mahasiswa, atau pekerja. Kalau pekerja, level pendapatan berapa yang Anda bidik? Hal ini mengenai bersama sarana yang nanti jadi energi tarik bagi calon pengguna kost-kostan  anda. Untuk itu, Anda harus lakukan survei kecil-kecilan di kira-kira lokasi. Misalnya bersama memandang kebanyakan biaya kost serta sarana yang tersedia.

Makin lengkap sarana yang tersedia, makin lama tinggi pula harga sewa yang mampu Anda patok. Demikian pula sebaliknya. Namun, seminim-minimnya sarana (karena Anda membidik level pengguna yang lebih rendah), hendaknya Anda perhatikan komitmen basic rumah kost yang sehat

1.Kamar tidur

Sesuai bersama stadar kenyamanan kamar tidur, pastikan ruangan ini mendapat sirkulasi hawa dan pencahayaan yang baik. Ukuran ruangan sedikitnya 2.5 m x 3 m bersama pemikiran furnitur yang digunakan berupa 1 single bed, lemari pakaian dan meja belajar. Apabila kamu mempunyai lahan yang cukup, tentu luasan kamar tidur mampu di expand sesuai kebutuhan.

Yang harus kamu perhatikan sebelum saat menentukan jumlah kamar adalah mengatur jumlah kamar bersama luas lahan yang tersedia. Pastikan keperluan area sedikitnya untuk hunian terpenuhi. Jangan hingga cuma untuk mengejar profit, ada ruangan yang dikorbankan atau luasannya tidak cocok standard agar justru mengurangi kenyamanan.

Lalu, memandang kembali siapa target pengguna/penyewa kost-kostan  anda. untuk kalangan pekerja ‘well paid‘ berikan sarana tambahan berupa akses internet, kamar mandi, dan juga furnitur pelengkap lainnya.

  1. Selasar

Space antar kamar dihubungkan bersama selasar bersama lebar sedikitnya 1,2 mtr. untuk area sirkulasi. Apabila Anda mempunyai luasan yang lebih longgar mampu dimanfaatkan sebagai area komunal.

3.Ruang komunal

Hal ini yang sering dilupakan oleh pemilik kost-kostan. area komunal perannya lumayan penting dalam hunian kost-kostan  untuk bersantai, berkumpul/berinteraksi bersama penghuni lain. Hal selanjutnya lebih menyamankan penghuni kost daripada cuma mendekam di kamar apabila mulai jenuh, dan sedang malas keluar. Biasanya set interior yang harus di ruangan ini adalah area duduk (bench, sofa) dan coffee table. Ada baiknya juga di sediakan sarana TV. Atau bisa saja area komunal diintegrasikan bersama pantry untuk menciptakan kondisi yang lebih hommy.

4.Kamar Mandi

Masih ingat dengan ‘Kalau sudi mengerti watak seseorang masuklah ke toilet rumahnya. Di situ aslinya seseorang kelihatan.’ Nah, dalam konteks kost-kostan , Kamar mandi mencerminkan watak dan rutinitas penghuni yang lain. Bisa jadi nanti calon penghuni kost-kostan  Anda dapat mensurvei kondisi kamar mandi kost-kostan Anda untuk mengerti karakter penghuni yang lain dan kenyamanannya.

Oleh dikarenakan itu, ada baiknya layout kamar mandi dirancang sesederhana bisa saja dan efektif namun selamanya apik. Misalnya di kamar mandi cuma ada shower, keran, toilet and jet washer, dan gantungan secukupnya.

Perbandingan kamar dan kamar mandi luar sebaiknya 1:3. Untuk kamar mandi dalam sebaiknya terkandung celah ventilasi segera terlihat rumah.

5.Area servis

Umumnya hanya pantry dan area cuci dan jemur. Jangan lupa untuk beri tambahan bukaan pada anggota atasnya agar sinar matahari mampu masuk. Sebaiknya ruangan servis tidak berhubungan segera bersama area hunian.

6.Pekarangan

Sediakan pekarangan untuk area parkir motor,teras dan taman depan agar penghuni tetap mampu meletakkan kendaraannya di halaman.

7.Orientasi View

Ini tambahan. Untuk beri tambahan nilai lebih pada hunian kost-kostan , konfigurasi kamar sebaiknya di orientasikan pada view atau area yang menarik. misalnya inercourt dengan taman yang asri atau kolam.

Desain yang representatif dapat beri tambahan nilai tambah pada kost-kostan  Anda dan meningkatkan harga sewa.

Membidik Kelas yang Lebih Tinggi

Di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Medan, tidak sedikit pasangan suami istri yang tetap melacak rumah kost. Alasannya agar dekat bersama area kerja. Kalau Anda idamkan membidik kelas pekerja well paid, atau pasutri, Anda harus mempersiapkan sarana lebih. Misalnya area parkir untuk mobil, sarana internet, kamar mandi dalam dan juga furnitur pelengkap yang memadai.

Fasilitas dalam kamar sebaiknya terdiri berasal dari area tidur, area duduk, area kerja, pantry/minibar, dan kamar mandi dan tentu saja AC. Bagaimana mensiasati area yang terbatas namun sekaligus memenuhi keperluan tersebut? Salah satu caranya adalah bersama memicu area tidur seperti apartemen style studio. Dengan kamar tidur/ area tidur sistem loft. Perhatikan sketsa kamar kost-kostan  di bawah ini.

Luas kamar yang dibutuhkan sedikitnya 3×5. Sebagian berasal dari kamar dibikin bertingkat (loft) agar area tidur mampu ditaruh di atas. Agar Sirkulasi hawa selamanya nyaman, di anggota area tidur mampu diberi jendela/ventilasi udara. Lantai bawah mampu dipakai untuk area duduk, area kerja, kamar mandi, dan pantry/minibar. Foto yang diambil berasal dari Majalah Marie Claire di bawah ini adalah umpama kamar dengan loft.